Sabtu, 28 November 2020

1.1..a.11. AKSI NYATA - PENERAPAN PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA DI KELAS DAN SEKOLAH

JUDUL MODUL  1.1 :  PARADIGMA DAN VISI  GURU  PENGGERAK

SUB JUDUL              :  PENERAPAN MERDEKA BELAJAR DI SMAN 3 WAJO,  KELAS XI MIPA   IT   UNTUK MENGUNGKAPKAN IDE LEWAT CERAMAH             

NAMA                        :  ANDI  DARMAWATI

A.  Latar Belakang

               Menurut  Ki Hajar Dewantara (KHD),  pendidikan dan pengajaran memiliki makna yang  berbeda dalam memahami arti dan tujuan pendidikan. KHD mengatakan “Pengajaran merupakan  proses pendidikan yang dilakukan dalam memberi ilmu yang bermanfaat untuk kecakapan hidup seorang anak secara lahir dan batin, pendidikan memberikan tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat, yang dimiliki anak agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Baik sebagai seorang manusia maupun sebagai anggota masyarakat.”

Agar pendidikan dapat terlaksana dengan baik, maka Ki Hajar Dewantara menetapkan beberapa filosofi yang diterapkan di Sekolah Taman Siswa. Di antaranya, filosofi petani, menghamba pada anak, memahami kodrat anak (sesuai alam dan zaman), bermain, dan memperbaiki budi pekerti.

Pelaksanaan filosofi pendidikan Ki hajar Dewantara ini lebih mengutamakan kemerdekaan dalam belajar. Murid merdeka dalam melakukan pembelajaran sesuai dengan kodrat yang dimiliki. Murid bebas berkreasi mengungkapkan ide-idenya lewat ceramahnya.

Maka bedasarkan filosofi KHD, maka sebagai Calon Guru Penggerak melaksanakan Aksi Nyata  “Penerapan  Merdeka  Belajar  Di  SMAN   3  Wajo, Khususnya  Kelas XI MIPA IT  untuk Mengungkapkan Ide Lewat Ceramah,”   yang disesuaikan jadwal Perangkat Pembelajaran yang diajarkan di kelas XI.          

B. Deskripsi Nyata yang Dilakukan

   Berdasarkan latar belakang di atas, sebagai CGP yang berstatus guru SMAN 3 Wajo, sudah menjadi tanggung jawab dan berusaha untuk menerapkan Merdeka Belajar dalam  mengembangkan kemandirian, inovasi dan kreativitas peserta didik.

Dalam pelaksanaannya,   disesuaikan dengan program pembelajaran di kelas XI, khusunya   kelas XI MIPA IT, Sebelum  memberikan tugas  membuat video ceramah, terlebih dahulu memberikan teori dan contoh ceramah pada peserta didik, sebagai pedoman dalam proses pembelajaran dan mengerjakan tugas.

 Peserta didik diberi kesempatan mengembangkan potensi yang dimiliki melalui pembuatan video ceramah yang sesuai dengan kreativitas dan inovasi mereka sehinga menumbuhkan perasaan rasa senang dan merdeka belajar. Video ceramah diupload di  youtube, dan linknya ditulis di aplikasi google classroom.

 

C. Hasil Aksi Nyata

     Pada Pembelajaran di kelas XI, sesuai Perangkat Pembelajaran yang diajarkan di kelas XI yaitu “Ceramah.” Pertama,  2-6 Nopember  2020 yaitu : Mendengarkan Teks ceramah seseuai RPP KLS XI Bahasa Indonesia. Kedua  9-13 Nopember 2020 yaitu: Menulis Teks ceramah seseuai RPP KLS XI  Bahasa Indonesia. Ketiga, 16 -20 Nopember 2020 yaitu: Membuat rekaman/video ceramah seseuai RPP KLS XI Bahasa Indonesia. Keempat, 23 -27 Nopember 2020 yaitu: Mengunggah rekaman/video ceramah di youtube sesuai, sesuai dengan kreasi dalam mengungkapkan ide-idenya lewat ceramahnya.

    Link-Link yang telah diupload di youtube yaitu:

Raihan Ahmad Fauzan

https://youtu.be/cCRlGeJSoz0

 

Nadifah Amaliah

https://youtu.be/uHdYLqe59Ns

 

Andi ozil Anugrawan

https://youtu.be/XnSOzpA4bC0

 

Asma

https://youtu.be/ETdPxR3fMlU

 

Reski Asmiranda Asrita

https://youtu.be/sKo4mr9lxqQ

 

Putri Ayuandini. M

 https://youtu.be/D9AMFajhpg0

 

Nurfaikah Bahri

https://youtu.be/ROtOngSuwqc

 

Andi Alief Budiman

 https://youtu.be/kQjoLq-TJDM

 

Indo Dalle

https://youtu.be/zsSKtRjxzgg

 

Arma dani

https://youtu.be/rrWIrQK-guQ

 

Nur sakinah

https://youtu.be/OBOUt2tsJ2k

 

Nayla Oktaviana

 https://youtu.be/xbxegOzaTlc

 

Dewi Reski Ramli

 https://youtu.be/WQX-zqy13nw

Nur Aisyah

https://youtu.be/3e8ANK_DDX8

Sitti Aisyah

https://youtu.be/6_9xzv73nKU

 

D. Pembelajaran yang  Didapat dari Pelaksanaan (Kegagalan Maupun Keberhasilan)

            Peserta didik  antusias mengerjakan tugas membuat video ceramah dan diupload di youtube, dan ditulis linknya di Google Classroom, walaupun sekitar 90 % peserta didik yang mengerjakan tugasnya, tapi masih ada sekitar 10 % tidak mengerjakan dengan berbagai alasan seperti tidak baik jaringan di tempatnya, tidak punya alat untuk merekam, sibuk membantu orang tua dan berbagai alasan lain.

E. Rencana Perbaikan  di Masa Mendatang

            Untuk pelaksanaan tugas ke depan bagi peserta didik, akan digalakkan kolaborasi dalam penyeleseian tugas, supaya semua peserta didik merasa merdeka dan menyenangkan mengikuti proses pembelajaran, sehingga tugas-tugas dari guru tidak menjadi beban bagi mereka tapi ajang   kreativitas dalam mengeksplorasi ide dalam ceramah peserta didik.

 

F. Dokumentasi Proses Pelaksanaan Aksi Nyata

               https://youtu.be/aKFy9wcqCY4


                                                        


                                         Salam dan Bahagia,   Merdeka Belajar

































                              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Pelajaran Tauhid Sejak Dini pada Anak!

      Pelajaran tauhid sangat penting diberikan kepada anak sejak dini, supaya menuntun keyakinannya kepada kuasa Allah SWT, serta dapat men...