Sabtu, 19 Desember 2020

1.3.a.10. AKSI NYATA-VISI GURU PENGGERAK


JUDUL MODUL 1.3     : VISI GURU PENGGERAK

SUB JUDUL                 : RENCANA PENERAPAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING  PADA PESERTA DIDIK SMAN 3 WAJO UNTUK MENGHADAPI PROSES KBM SEMESTER  GENAP  TAHUN PELAJARAN 2020/2021

NAMA PESERTA      : ANDI DARMAWATI




A. Latar Belakang

 

            Pendemi covid 19 sudah berjalan 9 bulan lebih, membuat proses pembelajaran tidak bisa dilangsungkan secara tatap muka, sehingga  proses pembelajaran dilakukan secara daring atau online. Banyak pihak yang mengeluh ketidakefektivan proses pembelajaran melalui daring, terutama dari pihak orang tua/wali peserta didik.

 Pemerintah melakukan penyesuaian keputusan bersama Empat Menteri terkait pelaksanaan pembelajaran di zona selain merah dan oranye, yakni di zona kuning dan hijau, untuk dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Berdasarkan surat keputusan di atas, maka SMA Negeri 3 Wajo  turut mempersiapkan diri menghadap Proses Pembelajaran Tatap Muka pada semester genap tahun pelajaran 2020-2021, walaupun demikian tidak menutup kemungkinan masih diadakan proses pembelajaran daring, mengingat  Kabupaten Wajo masih berstatus zona merah.

            Hal inilah yang melatarbelakangi penulis mengusulkan Rencana  Penerapan Pendekatan Blended Learning  pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2020-2021. Sebuah pendekatan pembelajaran yang dapat memadukan pembelajaran tatap muka di kelas dan media belajar yang ada di internet. Internet menyediakan banyak aplikasi berbayar dan gratis untuk  menuntun peserta didik menambah pengetahuan dan wawasan tanpa dibatasi oleh ruang, waktu, dan tempat.

             Tahun Pelajaran 2020-2021 Kelas XII akan menghadapi sistem AKM, sistem  ini  untuk pertama kalinya diberlakukan. Jadi selayaknya  berbenah diri dan memanfaatkan  berbagai fasilitas pembelajaran yang ada baik secara daring dan luring.  Menteri  Pendidikan Nasional memberikan kouta gratis kepada peserta didik, semoga  betul-betul dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam proses pembelajaran peserta didik.

            Sebagai Calon Guru Penggerak, maka kami berinisitif Berencana Menerapkan Pendekatan Blended Learning  pada Peserta Didik SMAN 3 Wajo untuk Menghadapi Proses KBM Semester  Genap Tahun Pelajaran 2020/2021.

 

B. Deskripsi Aksi Nyata yang Dilakukan

            Mengusulkan kepada kepala UPT SMAN 3 Wajo untuk mengadakan pertemuan dengan pemangku kepentingan  termasuk orang tua/wali, guru, staf, untuk membicarakan Rencana Penerapan Pendekatan Blended Learning  pada Peserta Didik SMAN 3 Wajo Untuk Menghadapi Proses KBM Semester  Genap  Tahun Pelajaran 2020/2021.

C.  Hasil dari Aksi Nyata yang Dilakukan

            Hasil  dari pertemuan dengan pemangku kepentingan UPT SMAN 3 Wajo bahwa akan diutamakan kelas XII dalam rangka menghadapi sistem AKM tahun pelajan 2020-2021. Jadi guru harus menuntun peserta didik baik secara daring maupun luring dalam proses belajar, terutama menuntun menambah wawasan dan pengetahuan peserta didik pada materi  mata pelajaran yang  masuk penilaian AKM.

D. Pembelajaran yang Didapat dari Pelaksanaan (Kegagalan Maupun Keberhasilan)

            Dari  pertemuan itu, semua pemangku kepentingan harus berkolaborasi menerapkan Pendekatan Blended Learning  pada peserta didik terutama kelas XII  SMAN 3 Wajo untuk menghadapi proses KBM Semester  Genap  Tahun Pelajaran 2020/2021.

E. Rencana Perbaikan  di Masa Mendatang

            Apabilah ada kendala yang ditemukan, maka diharapkan pemangku kepentingan  berkolaborasi juga menyeleseikan persoalan yang muncul.

F. Dokumentasi Proses Pelaksanaan Aksi Nyata

        https://youtu.be/J6jx4EiRNo4


                                                          Salam dan Bahagia, Merdeka Belajar 



 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Pelajaran Tauhid Sejak Dini pada Anak!

      Pelajaran tauhid sangat penting diberikan kepada anak sejak dini, supaya menuntun keyakinannya kepada kuasa Allah SWT, serta dapat men...